GARIS HORIZONTAL
Dalam
pembuatan garis horizontal, vertikal, dan diagonal dari opengl saya neggunakan
program yang berbasis Dev C++, karena open gl merupakan program yang berbasis
open source yang dapat digunakan di berbagai program lainnya seperti java, vb,
c++, dll.Dalam pembuatan garis horizontal didalam openGL pada awalnya kita
gunakan glclearcolor (0, 0,0,0) hal
tersebut dimaksudkan untuk memilih warna latar yang kita masukkan disini yaitu
warna latar hitam sesuai kodenya yaitu 0,0,0,0. Selanjutnya glclear yang digunakan untuk
membersihkan latar, dan glpushmatrix
digunakan untuk membatasi baris kodenya. Glclearcolor
digunakan untuk menentukan warna garis yang diinginkan untuk garis berwarna
putih kita gunakan kode warna 255, 255, 255. Dan kegunaan glcolor3f sama seperti glclearcolor,
glbegin dapat digunakan untuk
menggambarkan garis berdasarkan titik awal yang telah ditetapkan. Glvertex3f untuk menentukan titik awal
supaya dapat ditarik ke titik akhirnya yang nanti akan kita buat. Glvertex3f kita gunakan untuk menentukan
titik akhir supaya dapat berhenti di angka yang kita input, glEnd digunakan sebagai perintah untuk
mengakhiri gambar garis yang terdapat pada titik akhirnya. Dan glPopMatrix untuk membuat baris kode
supaya tidak terinput di bagian luarnya. Swapbuffers
dapat digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar,
dan simbol } untuk menutup keseluruhan coding. Dan setelah semua koding dibuat
dan di compile dan tidak terjadi error maka hasil output akan tampak seperti gambar.
GARIS VERTIKAL
Dibawah
ini merupakan hasil opengl dari Dev C++ yang menghasilkan gambar garis
vertikal, caranya sama seperti gambar sebelumnya yaitu garis horizontal, yang
membedakan hanya cara untuk menggambar garis dari titik yang kita tentukan
serta titik awal dan titik akhir yang kita masukkan didalam coding. Berikut
hasil output dari gambar garis vertikalnya.
GARIS DIAGONAL
Berikut
ini gambar dari garis diagonal, caranya juga masih sama seperti pembuatan garis
horizontal dan vertikal diatas hanya saja yang membedakan titik untuk memulai
menggambar dan menentukan titik awal yang selanjutnya di buat garis ke titik
akhirnya saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar