Kamis, 09 Januari 2014

PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT



PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT
   Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertical (bertingkat) hal tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya perbandingan yang dapat dilihat dari perbedaan kasta dalam masyarakat, ekonomi, kekuasaan, dll. Proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri.
Adapun orang-orang yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdasarkan atas kesengajaan yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu, tetapi berjalan secara alamiah dengan sendirinya. Oleh karena itu sifat yang tanpa disengaja inilah yang membentuk lapisan dan dasar dari pada pelapisan itu bervariasi menurut tempat, waktu, dan kebudayaan masyarakat dimana sistem itu berlaku.
Dalam pelapisan sosial juga terdapat kesamaan derajat antara individu dengan individu lain, hal tersebut dikarenakan Indonesia adalah Negara bebas, semua orang mempunyai hak berpendapat, mendapatkan pekerjaan yang layak, bebas menentukan agama, dll. Hal tersebut juga terkandung dalam pasal-pasal yang berlaku di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar