Kamis, 09 Januari 2014

PERTENTANGAN SOSIAL DIMASYARAKAT



PERTENTANGAN SOSIAL DIMASYARAKAT
   Pertentangan sosial di dalam masyarakat adalah cara pikir masyarakat yang tidak sesuai atau menyimpang dari norma atau peraturan yang berlaku dimasyarakat itu sendiri, hal tersebut dapat terjadi apabila adanya perbedaan diantara satu individu dengan individu lain dikarenakan salah satu faktornya yaitu adanya perbedaan gaadanya perbedaan diantara satu individu dengan individu lain dikarenakan salah satu faktornya yaitu adanya perbedaan gaya hidup, perbedaan derajat, dll.
Kepentingan dalam memenuhi kebutuhan hidup juga merupakan dasar dari timbulnya tingkah laku individu yang sifatnya terasa bagi kelangsungan hidup individu itu sendiri. Sehingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh individu yang mampu akan materi di dalam pemenuhan kebutuhan dari kepentingan tersebut dapat terpenuhi. Tetapi disisi lain ada individu yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga terjadinya pertentangan sosial itu sendiri.
Pertentangan dapat menimbulkan kebencian antara satu individu dengan individu lain. Pertentangan juga dapat memberikan akibat yang merusak terhadap diri seseorang, anggota kelompok terapi dapat mengakibatkan kekuatan yang konstruktif dalam hubungan kelompok. Ada 3 elemen dasar yang merupakan ciri-ciri dari situasi konflik yaitu :
Terdapat 2 atau lebih unit-unit atau bagian-bagian yang terlibat konflik, unit tersebut mempunyai perbedaan yang tajam (kebutuhan, tujuan, masalah, nilai, sikap dan gagasan), terdapat interaksi diantara bagian-bagian yang mempunyai perbedaan tersebut.Terjadinya konflik bisa pada didalam diri seseorang, didalam kelompok dan didalam masyarakat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar